• Have Any Questions?
  • Phone: 021-2273.5207 | 0812.8743.5794
  • Email: info@satubuana.co.id
  • Lang.:
Stay Connected:

Akuntan Harus Update Di Era Digital

Home / Business Guide / Accounting / Akuntan Harus Update Di Era Digital

Perkembangan teknologi membuat tren konsumen menuntut pelaku industri akuntasi untuk menggunakan pendekatan baru melalui digital agar menciptakan nilai (value) kepada konsumen.


Perkembangan digital ini telah membuka berbagai kemungkinan baru sekaligus meningkatkan risiko secara bersamaan. Perubahan itu pula yang memberikan dampak signifikan dalam perkembangan akuntan dikarenakan peranan akuntan saat ini tak lagi terbatas pada book-keeping. Namun, mencakup pengendalian internal dan analisis nantinya akan berpindah dari sifat retrospektif menjadi prediktif.


Beberapa layanan akuntansi pun saat ini sudah mengikuti perkembangan teknologi. Berikut ini adalah enam tren yang mempengaruhi masa depan akuntansi.


1. Big Data dan IoT

Teknologi terkini yang mengacu pada big data, business intelligence, analytics, dan internet of things telah menjangkau hampir seluruh aspek bisnis. Big data telah menjadi alat baru bagi para pemimpin bisnis untuk melakukan analisis dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

Jika sebelumnya penasihat keuangan dan akuntan profesional hanya berkutat pada entri data,pencatatan, dan analisis sederhana, maka di masa depan mereka akan memanfaatkan big data sebagai konsultan bisnis strategis. Dengan demikian, di masa depan Microsoft Excel akan menjadi sejarah.


2. Mobile Computing

Saat ini semua orang telah menggunakan smartphone, maka penyedia jasa akuntansi

harus memperhatikan perangkat seluler yang digunakan oleh klien dan menawarkan aplikasi berkualitas tinggi terhadap mereka karena ketika konsumen semakin sering menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses data dan internet, layanan akuntansi harus ikut berubah sesuai dengan perkembangan yang terjadi.


3. Connection Convergence

Saat ini layanan broadband dan internet terus menyebar luas mulai dari kantor hingga ke rumah. Alhasil, mempermudah akses komunikasi antara satu sama lain. Kemudahan mengakses komunikasi mendorong perusahaan akuntan untuk memperluas jangkauan klien ke berbagai belahan dunia. Dengan demikian, otomatisasi di industri akuntansi akan membuat proses komunikasi semakin efisien sehingga memungkinkan akuntan untuk memiliki lebih banyak waktu dalam berdiskusi dengan klien dan bisa dimana saja tanpa bertemu langsung.


4. The Future is Now

Perubahan di industri akuntansi yang signifikan adalah peralihan ke otomatisasi entri data untuk pembukuan dan akuntansi. Sebelum munculnya otomatisasi, entri data diproses menggunakan faks, dokumen kertas, atau lampiran email. Hal ini berubah menjadi format ERP.


5. Customization and Personalization

Saat ini konsumen lebih tertarik membeli barang dan jasa yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan mereka. Poin dari kostumisasi adalah menawarkan kepada klien menu standar produk dan layanan seraya menawarkan proses ke sesuai keinginan masing-masing klien.


6. Services of the Future

Otomatisasi dan digitalisasi sudah merupakan keharusan di industri jasa keuangan. Meski demikian, perusahaan jasa akuntansi masa depan yang serba otomatis belum sepenuhnya muncul dikarenakan secanggih teknologi harus tetap ada sentuhan manusia yang merupakan pendekatan terbaik.

Dengan demikian, seorang akuntan harus siap menyeimbangkan tren perubahan dalam akutansi dan perkembangan teknologi informasi digital, serta harus bisa menghadapi tuntutan untuk melengkapi dirinya dengan berbagai pengetahuan tentang model operasi bisnis terbaru, pemanfaatan berbagai sumber pendanaan, dan budaya organisasi. Hal itu menyebabkan persaingan untuk menciptakan value semakin mengarah pada layanan dan promosi yang bersifat consumer based.